Welcome
Bertemu Petinggi Hamas, JK Ingatkan Kekerasan Harus Dihentikan di Gaza

Bertemu Petinggi Hamas, JK Ingatkan Kekerasan Harus Dihentikan di Gaza

GOSIPINYUK  – Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan petinggi Hamas, Ismail Haniyeh di Doha, Qatar pada Jumat (12/7) kemarin.

JK menyampaikan bela sungkawa kepada rakyat Palestina yang menjadi korban selama konflik. Ia menegaskan sikap solidaritas serta dukungan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

JK menyebut saat ini mata dunia tertuju ke Gaza. Menurutnya, kekerasan di Gaza oleh pasukan Israel harus segera dihentikan.

“Dunia tersentuh dan menyayangkan tragedi kemanusiaan tersebut,” kata JK dalam sebuah keterangan, Jumat (12/7).

JK yang juga Ketua Palang Merah Indonedia (PMI) ini mengungkapkan betapa peliknya mendistribusikan bantuan ke Gaza akibat blokade Israel.

Ia menyarankan agar organisasi Hamas tetap menunjukkan persatuan dan kebersamaan dengan Al Fatah untuk menciptakan perbaikan kondisi di Palestina. Selain itu, hubungan internal Hamas sendiri perlu dijaga.

Menurutnya, penyelesaian masalah Gaza akan semakin pelik tanpa kesatuan aspirasi.

Lebih lanjut, JK mengatakan perlunya membuat rencana kemanusiaan untuk Gaza, misalnya, menyusun program berdasarkan skala prioritas, seperti mengobati korban luka dan sakit, menyelamatkan wanita, orang tua dan anak-anak sehingga tidak menambah jatuhnya korban perang.

Namun, katanya, hal-hal tersebut hanya bisa efektif ketika kekerasan bisa dihentikan lebih dahulu.

“Jika kekerasan dapat dihentikan, maka rekonstruksi dan rehabilitasi Gaza, secara otomatis dapat dilaksanakan,” ujar JK.

“Segala ikhtiar kita semua harus diawali dalam perspektif kemanusiaan, bukan soal politik dan pandangan ideologi,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *